news

Serangan Ransomware WannaCry



Serangan Ransomware WannaCry menjadi bahan perbincangan dunia akhir-akhir ini. Serangannya hanya ditujukan untuk sistem operasi Microsoft Windows, virus tersebut sekali lagi menjelaskan kepada kita agar selalu berhati-hati dan menambah perlindungan pada sistem yang kita gunakan.

Yang Wajib Anda Ketahui

Kapan serangan Ransomeware WannaCry dimulai?

Serangan Ransomeware dimulai pada hari Jumat, 12 Mei 2017. Sejauh ini telah menyerang 230.000 komputer di lebih dari 150 negara.

Menuntut bayaran dalam bentuk Bitcoin dalam 28 bahasa.

Sistem yang terinfeksi menjadi terenkripsi, sehingga pengguna tidak dapat mengakses file mereka sama sekali. Satu-satunya cara terlepas dari jeratan WannaCry adalah hanya dengan membayar $300 dalam bentuk Bitcoin.

Peristiwa ini disebut-sebut sebagai serangan tak terduga dilihat dari skala dan  jumlah serangan yang terjadi.

Korban Paling Banyak adalah Perusahaan Besar

Serangan Ransomeware tersebut mempengaruhi beberapa perusahaan besar di dunia. Berdasarkan laporan, Telefónica dan banyak perusahaan besar lain di Spanyol telah diserang.

Bagian dari Britain's National Health Service (NHS), FedEx, Deutsche Bahn, dan LATAM Airlines juga telah menjadi mangsa serangan tersebut.

Bagaimana Serangan WannaCry Menyebar?

Sama halnya dengan serangan ransomeware lain, penyebaran utamanya adalah melalui email phising. Akan tetapi, ransomeware juga menggunakan eksploit EternalBlue dan backdoor DoublePulsar yang diciptakan oleh National Security Agency (NSA). Dilaporkan bahwa penyebarannya melalui jaringan yang belum terinstall sitem keamanan terbaru.

Hanya Mempengaruhi Sistem Windows

Virus tersebut, sejauh ini hanya mempengaruhi sistem Windows. Versi lama Windows, seperti Windows XP dan Windows Server 2003 paling rentan terkena virus ini. Katanya virus tersebut menggunakan eksploit pada Windows yang langsung mempengaruhi sistem terbuka.

Eksploit tersebut dilaporkan telah dicuri dari NSA. Microsoft menambah keamanan pada versi Windows terbaru untuk melawan serangan. Microsoft juga telah merilis update untuk versi yang terpengaruh virus tersebut.

Menurut laporan, Microsoft juga merilis patch untuk sistem yang rentan terkena virus pada tanggal 14 Mei 2017. Namun belum semua perusahaan mengimplimentasikan patch itu.

Akankah WannaCry mempengaruhi Mac?

Meskipun WannaCry utamanya hanya menyerang versi Windows yang lama, Anda harus berhati-hati, pastikan sistem yang Anda gunakan aman.

Buat cadangan file komputer Anda. Akan lebih baik jika Anda membuat cadangan lokal dan online dari perangkat Anda.

Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Ransomware?

Pastikan Anda tidak membuka link dalam email atau situs web tentang sesuatu yang tidak Anda mengerti. Jika Anda menemukan sesuatu yang tidak wajar, abaikan saja.

Jika Anda hendak mengunjungi situs yang mencurigakan, ketik nama situs tersebut pada web browser dan buka.

About Muhamad Nur Fikri

Post a Comment
Powered by Blogger.