Mac

Cara Memperlihatkan Ekstensi Nama File pada Mac dengan macOS Sierra


Apa itu ekstensi file dan mangapa hal tersebut begitu penting? Ekstensi file diperlihatkan pada setiap akhir file dan dimulai dengan titik dan diikuti dengan beberapa huruf atau kata. Sebagai contoh, .png. Ekstensi file menunjukkan tipe file dan aplikasi yang dapat membukanya. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memperlihatkan atau menyembunyikan salah satu atau seluruh ekstensi file pada Mac.

Secara default pada Mac, ekstensi file dibuat tersembunyi. Mungkin Apple melakukan hal tersebut agar seluruh nama file terlihat sama. Bahkan jika ekstensi file tersembunyi, file dibuka hanya oleh app yang sesuai.

Cara Memperlihatkan ekstensi file di MacOS Sierra pada Mac.

Anda perlu tahu:
Saat mengganti nama file atau folder, pastikan untuk tidak mengganti ekstensinya karena Anda tidak akan dapat membuka file tersebut dengan app yang Anda pakai untuk membuat file tersebut.
Jika Anda ingin diberi peringatan sebelum mengganti suatu ekstensi, pilih “Show warning before changing an extension” yang terdapat pada panel Advanced pada menu Finder.
Namun jika Anda ingin mengganti format suatu file, Anda harus mengguanakan app yang sebelumnya digunakan untuk membuat file tersebut.

Cara Menyembunyikan atau Memperlihatkan ekstensi file individual di Mac

Langkah #1. Pilih salah satu file yang ekstensinya ingin Anda sembunyikan atau perlihatkan






Langkah #2. Klik kanan pada file tersebut lalu pilih "Get Info" atau tekan Command-I
 


Langkah #3. Klik segitiga pada "Name & Extension" untuk membuka opsi lanjutan.



Langkah #4. Beri tanda centang pada kotak "Hide extension" untuk menyembunyikan ekstensi file. Jika sudah tersembunyi, hilangkan centang untuk membuka ekstensi file.



Cara Menyembunyikan atau Memperlihatkan Seluruh Ekstensi File di macOS Sierra pada Mac

Saat pilihan “Show all filename extensions” Anda pilih, ekstensi file akan terlihat pada seluruh file, entah itu yang Anda pilih atau belum.
Meski begitu, saat “Show all filename extensions” Anda hilangkan centang nya, ekstensi file akan terlihat atau tersembunyi tergantung pada pengaturan “Hide extension” masing-masing file.

Langkah #1. Buka "Finder" App

Langkah #2. Klik "Finder" pada sudut kiri atas

Langkah #3. Pilih "Preferences"



Langkah #4. Klik "Advanced"


Langkah #5. beri tanda centang "Show all file extensions" untuk membuat semua ekstensi file terlihat


Jika Anda ingin menyembunyikan seluruh ekstensi file, hilangkan centangnya.

About Muhamad Nur Fikri

Post a Comment
Powered by Blogger.