iOS

Cara Memperbaiki iPhone yang Restart Tanpa Henti


Tidak ada yang salah jika iPhone melakukan reboot secara acak. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa kemungkinan. Contohnya saja app yang rusak, backup yang cacat, dan tentu saja, masalah pada hardware. Jadi, ada baiknya Anda tidak langsung membbuang iPhone tersebut dan mencoba tips-tips berikut ini untuk memperbaiki masalah reboot acak tersebut.

iPhone Baru Restart Terus?
Jika iPhone baru Anda terus-terusan restart, mati atau hang dan ingin mengganti nya tanpa meninggalkan lubang di saku Anda, satu-satunya cara adalah datang ke Apple Store tempat Anda membeli iPhone dan minta gantinya.

iPhone Model Lama, waktu garansi nya sudah lewat.
Hal ini sering terjadi pada iPhone versi lama seperti iPhone 5, 5s, iPhone 6, 6s, 6 Plus dan 6s Plus yang di-upgrade ke iOS 8 atau setelahnya. Banyak pembaca yang juga melaporkan iPhone 6 dan 6 Plus restart secara acak setelah di-upgrade ke iOS 9.

Berikut ini cara memperbaiki iPhone yang terus-terusan restart, mati dan hang.


Mati/Hidupkan Data Selular: Hal ini memang terdengar aneh, banyak orang yang telah memperbaiki dengan cara mematikan dan menghidupkan Data Selular. Cara ini mungkin tidak selalu berhasil, tapi berhubung cara ini paling simple, tidak ada salahnya bila Anda coba. Buka Setting / Cellular/Mobile / Turn On/Off Mobile Data.



Reboot iPhone: Untuk me-restart/reboot iPhone, tekan dan tahan power button dan  home button bersamaan selama beberapa detik. Logo Apple akan muncul pada layar dan iPhone akan reboot.


Reset iPhone: Untuk me-reset iPhone, buka Settings / General / Reset / Reset All Settings.



App Rusak: Sekuat dan seprotektif apapun App Store, beberapa apps terbukti tidak baik untuk iPhone Anda. Apakah Anda mendownload app baru yang memicu masalah tersebut? Jika ya, segera hapus app itu.

Hapus app / reboot iPhone / Sync dengan iTunes dan perhatikan jika masalah berlanjut atau tidak.

Restore Dari Backup Lama: Masih belum beruntung? Coba cara ini (cara ini lebih sulit dilakukan jika iPhone me-restart terlalu sering). Sambungkan iPhone ke iTunes dan restore dari backup lama. Jika Anda beruntung, semuanya akan baik-baik saja.


Recovery Mode + Restore: Cara ini mungkin solusi terbaik yang dapat Anda lakukan. Dan lagi-lagi, akan lebih sulit jika iPhone merestart tanpa henti setiap dua sampai tiga menit sekali.

Caranya adalah sebagai berikut:

- Tahan tombol power dan home sampai layar blank.
- Kemudian, sambungkan ke iTunes. Akan "terdeteksi" iPhone pada "recovery mode"
- Anda hanya dapat mellakukan restore pada saat ini jadi lakukan restore.

Jika segala sesuatunya lancar, Anda akan mendapati iPhone yang siap di-setup. Anda membuat pengaturan baru karena Anda tidak ingin dapat masalah seperti itu lagi, kan?

Gunakan ReiBoot

Cara ini dapat dilakukan tanpa menghilangkan data pada iPhone Anda, app ini dapat membuat iPhone Anda kembali normal.

Download ReiBoot (Mac | Windows)

Sambungkan iPhone yang reboot tanpa henti tersebut dengan kabel usb. Jalankan ReiBoot. Pada tampilan, klik "Enter Recovery Mode" untuk membuat iPhone masuk mode recovery.

Setelah ReiBoot memasukkan iPhone pada mode recovery, klik "Exit Recovery Mode" dan ReiBoot akan memaksa iPhone untuk restart. Tunggu beberapa detik, dan Anda akan melihat iPhone reboot normal.

Ganti Batre iPhone: Terkadang batre bisa jadi pelakunya. Bila pilihan diatas tidak membuahkan hasil, Anda dapat mmencoba untuk mengganti batre iPhone.

Jika cara diatas masih tetap tidak ada yang berhasil, bawa saja iPhone ke Apple Store.

About Muhamad Nur Fikri

Post a Comment
Powered by Blogger.