Downgrade

Menggunakan SHSH dari Device Lain?


Apakah bisa jika kita menggunakan file SHSH dari iPhone, iPad atau iPod Touch lain untuk melakukan downgrade? sudah pasti itu tidak akan dapat dilakukan, karena SHSH merupakan file yang sangat berbeda (unique) di setiap iDevice yang khusus dibuat oleh Apple yang kemudian digunakan untuk mendeteksi setiap iDevice ketika tersambung dengan iTunes.
Ketika kita akan melakukan upgrade atau downgrade sudah pasti itu harus dilakukan di iTunes (kecuali jika anda melakukan upgrade melalui OTA Updates). Ketika kita akan melakukan upgrade firmware di iTunes Apple akan mendeteksi setiap iDevice melalui file SHSH yang ada di iPhone, iPad dan iPod Touch kita, yaitu diantaranya untuk mengecek versi firmware, baseband, Model dll.

Oleh karena itu file SHSH yang ada di setiap iDevice pasti berbeda dan tidak akan pernah ada yang sama. Sampai saat ini saya belum bisa melakukan atau menemukan seorangpun iOS Developer, hacker dan programmer yang dapat melakukan downgrade tanpa menggunakan SHSH dan kustom firmware.

Fungsi SHSH
SHSH sangat penting dan berguna khusunya untuk melakukan downgrade. Jika kita akan melakukan downgrade sudah pasti kita memerlukan file SHSH dari iDevice anda untuk membuat kustom firmware yang kemudian digunakan ketika kita akan melakukan downgrade iPhone, iPad dan iPod Touch ke iOS firmware yang lebih rendah di iTunes.
Kapan fie SHSH harus di Simpan (Save)
Untuk menyimpan file SHSH iDevice anda, saya sarankan untuk segera menyimpannya ketika anda selesai & berhasil melakukan upgrade iPhone, iPad dan iPod Touch di iTunes. Karena biasanya setelah iOS firmware terbaru dirilis untuk umum (public) Apple akan segera menutupnya (atau yang biasa kita kenal dengan Windows Close) yang berarti kita tidak dapat menyimpan file SHSH dari iDevice kita. Selain itu juga  jika dibiarkan biasanya lupa untuk menyimpan SHSH karena kita autis dengan OS terbaru:D.

Cara Menyimpan SHSH di iPhone iPad dan iPod Touch
Untuk menyimpan file SHSH dari iDevice anda dapat dilakukan secara otomatis dan manual. File SHSH akan tersimpan secara otomatis di servernya Cydia dengan catatan anda telah berhasil menginstall Cydia (atau yang kita kenal dengan Jailbreak). SHSH yang telah berhasil dapat kita lihat di Aplikasi Cydia bagian atas.

Tetapi untuk menyimpan file SHSH dari iPhone, iPad dan iPod Touch kita secara manual untuk saat ini dapat kita lakukan dengan menggunakan Alat jailbreak TinyUmbrella dan iFaith. Kedua alat jailbreak ini dapat kita gunakan untuk menyimpan file SHSH dari iDevice kita selama Apple masih mengijinkan dan belum menutupnya. Selain itu juga iFaith dan TinyUmbrella dapat menyimpan file SHSH yang telah tersimpan di Cydia.
Kelebihan dari menyimpan SHSH secara manual yaitu dengan alat Jailbreak iFaith dan TinyUmbrella kita dapat menyimpan file nyata dari SHSH iDevice kita.

Apa yang Harus Kita lakukan Setelah berhasil Menyimpan SHSH
Segera setelah anda berhasil menyimpan SHSH saya sarankan untuk menyimpannya dengan sangat baik. Menurut pengalaman saya, jika hanya kita simpan di PC, Mac atau hardisk external biasanya hilang baik itu karena lupa, terhapus atau bahkan hardisknya error. Saran saya untuk saat ini anda dapat menyimpan file SHSH secara online. 

Saya sarankan untuk menggunakan Dropbox, karena jika kita telah berhasil menyimpan SHSH iDevice anda secara online, anda dapat mengaksesnya (Download) dimana saja. Apalagi jika anda seseorang yang sering jalan-jalan ke luar negeri:D

Selain itu juga Dropbox merupakan Online Storage yang mempunyai server terbaik. Anda juga anda juga dapat menginstall aplikasi Dropbox di AppStore secara gratis untuk iPhone, iPad dan iPod Touch.


Saya harapkan dengan adanya penjelasan mengenai cara menggunakan shsh dari iDevice lain ketika akan melakukan downgrade iPhone, iPad dan iPod Touch kita dapat mengerti dan memahami bahwa SHSH merupakan file yang sangat penting terutama untuk downgrade. No SHSH = No Downgrade! untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini. Jika anda mempunyai pertanyaan, masukkan atau apapun yang ingin anda sampaikan silahkan melalui komentar dibawah.

About Unknown

Post a Comment
Powered by Blogger.