Jailbreak

Pengertian SHSH Blobs iPhone iPad dan iPod Touch


SHSH Blobs merupakan kata yang paling sering disebut di blog Cara Jailbreak yang sederhana ini, terutama dalam tutorial jailbreak dan semua yang berkaitan dengan jailbreak. "Segera simpan SHSH Blobs iPhone, iPad dan iPod Touch anda sekarang juga sebelum terlambat!" adalah kalimat yang paling sering kami ucapkan di blog ini. Tetapi apakah anda telah mengetahuinya apa sebenarnya pengertian dari SHSH? atau seberapa pentingkah file SHSH blobs? Dapatkah anda menggunakan file SHSH dari iDevice lain?
SHSH Blobs
Pengertian SHSH Blobs
SHSH Blobs pada dasarnya adalah merupakan sebuah file yang digunakan oleh Apple untuk melakukan verifikasi dan untuk mengetahui versi iOS firmware yang sedang anda gunakan di semua iDevice. Hal itu dilakukan oleh Apple untuk mencegah anda melakukan downgrade iPhone, iPad dan iPod Touch ke iOS firmware yang lebih rendah dari yang sedang anda gunakan. Karena Apple hanya memperbolehkan kita untuk melakukan upgrade/update ke iOS firmware terbaru.

Jika anda mencoba memaksakan melakukan restore di iTunes dengan menggunakan Stock iOS firmware yang lebih rendah tanpa menggunakan kustom firmware maka proses Restore iDevice anda tidak akan berhasil dan akan muncul Error di iTunes.    

Seberapa Pentingkah file SHSH?
Tujuan dari penjelasan ini adalah untuk meyakinkan anda bahwa file SHSH merupakan sesuatu yang SANGAT PENTING karena dengan adanya SHSH blobs dari iDevice anda, maka anda akan mampu melakukan downgrade ke iOS firmware yang lebih rendah dan dapat menghapus batasan Apple yang melarang untuk melakukan downgrade.

Tetapi jika anda tidak mempunyai file SHSH untuk iDevice yang anda miliki maka anda tidak akan mampu untuk melakukan downgrade.

Kapankah SHSH iDevice Anda Harus Disimpan?
Waktu yang tepat adalah sekarang juga! selain itu setiap anda akan melakukan upgrade atau setelah melakukan upgrade ke iOS firmware terbaru saya sangat menyarankan untuk segera menyimpan semua file SHSH yang masih bisa disimpan untuk iDevice anda.

Dapatkah Kita Menggunakan File SHSH dari iDevice Lain?
TIDAK! karena sekali lagi saya tekankan, bahwa file SHSH menggunakan ECID (Exclusive Chip ID) atau ICCID dari masing-masing iDevice dan ID tersebut tidak mungkin sama antara satu device dengan device lainnya. Selain itu ID tersebut bersipat statik (tidak akan berubah) sehingga file SHSH tersebut dapat digunakan kapanpun selama SHSH yang di dapat adalah dari device yang sama.  

Bagaimana Cara Menyimpan file SHSH dari iPhone iPad dan iPod Touch?
Untuk saat ini, ada tiga alat jailbreak yang saya rekomendasikan dan mudah digunakan untuk menyimpan file SHSH Blobs dari iDevice anda yang sudah di jailbreak ataupun belum di jailbreak yaitu iFaithTinyUmbrella dan Redsn0w. Walaupun sebenarnya jika iDevice anda telah di jailbreak, Cydia akan secara otomatis menyimpan file SHSH untuk iDevice anda.

Tetapi saya sangat merekomendasikan untuk menyimpannya secara manual menggunakan alat jailbreak iFaith, TinyUmbrella atau Redsn0w. 

Untuk langkah-langkah menyimpan file SHSH Blobs iPhone iPad dan iPod Touch secara manual silahkan lihat disini:
* Tutorial diatas dapat dijalankan di semua iOS firmware

SHSH Blobs iOS yang Masih Dapat Disimpan Saat ini
Untuk saat ini, tidak semua file SHSH dapat disimpan karena ada beberapa OS yang sudah ditutup oleh Apple. Berikut adalah file SHSH untuk iOS yang masih dapat disimpan:
  • iOS 6.1.4 : iPhone 5
  • iOS 5.2.1 : Apple TV 2G, Apple TV 3G
  • iOS 6.1.3 : iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad Mini 1G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPod touch 4G, iPod touch 5G
  • iOS 5.1.1 : iPad (iPad 1), iPod touch 3G
  • iOS 4.2.1 : iPhone 3G, iPod touch 2G
  • iOS 4.1 : iPhone 3G, iPhone 3GS, iPod touch 2G, iPod touch 3G
Setelah anda berhasil menyimpan file SHSH iDevice, saya sarankan untuk menyimpannya (Upload) di Dropbox. Karena selain aman, anda dapat mendownloadnya kembali kapanpun dan dimana saja. Selain itu untuk menjaga jika file SHSH yang telah anda simpan di PC/Laptop/Mac tiba-tiba hilang atau terhapus. 

Bagaimana Cara Menggunakan File SHSH untuk melakukan Downgrade?
File SHSH yang telah anda simpan, akan sangat anda perlukan ketika anda ingin melakukan downgrade ke iOS firmware yang lebih rendah. Yaitu dengan membuat Custom firmware (iOS firmware yang dimodifikasi) yang bertujuan untuk melewati verifikasi firmware yang dilakukan iTunes ketika melakukan Restore/downgrade. 

Untuk saat ini, alat jailbreak yang saya rekomendasikan untuk membuat kustom firmware adalah sn0wbreeze, walaupun untuk saat ini hanya support di iPhone 4, iPhone 3GS dan iPod Touch 4G dan Langkah-langkah untuk membuat kustom firmware dapat anda lihat disini:
Itulah pengertian SHSH Blobs iPhone iPad dan iPod Touch, dengan adanya penjelasan ini saya harapkan kita dapat lebih memahami dan mengetahui betapa pentingnya file SHSH untuk semua iDevice anda. Walaupun untuk saat ini kustom firmware belum bisa dilakukan pada A5 device dan iDevice terbaru tetapi saya yakin bahwa kedepannya akan lahir alat jailbrek yang lebih canggih dari iOS Developer terkemuka atau bahkan siapa tahu #IndonesianJailbreakers akan melakukan gebrakan dengan merilis alat jailbreak yang sangat canggih:) Jika anda mempunyai pendapat, kritik dan saran atau bahkan pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah

About Unknown

Post a Comment
Powered by Blogger.