TipsTrick

Daftar Fitur-Fitur Tersembunyi di iPhone iPad dan iPod Touch


Beberapa fitur-fitur terbaik tetapi tersembunyi yang ada di iPhone, iPad dan iPod Touch. Mungkin belum banyak yang mengetahuinya tentang fitur-fitur Apple yang tidak dipublikasikan, terutama bagi anda yang termasuk pengguna baru iOS Device yaitu iPhone, iPad dan iPod Touch.
Tetapi bagi anda yang telah lama menggunakan iDevice mungkin sudah mengetahui fitur-fitur tersebut, saya pribadi berpendapat bahwa semua fitur yang ada terlihat sepele tetapi sebenarnya sangat berguna dan saya yakin Apple menciptakan semua fitur-fiturnya bukan tanpa tujuan. Berikut adalah daftar fitur tersembunyi yang ada di iPhone, iPad dan iPod Touch:
- HomeScreen Icon
- Mengambil ScreenShot
- Back To Top
- Emoji
- CapsLock
- Retina Zoom (Kaca Pembesar)
- Copy, Paste dan Block
- FullScreen Safari
- Offline Artikel
- Flash Notification
- Assistive Touch
- Custom Vibrations
- Siri
- Panorama Fotografi

1.  Menambahkan ikon di HomeScreen/ SpringBoard
Menambahkaan ikon di homescreen dapat dengan mudah anda lakukan yaitu dengan memilih tombol add to homesreen di aplikasi Safari. Bagi website atau blog yang mendukung homescreen icon di iOS maka secara otomatis ikonnya akan muncul seperti yang anda lihat pada screenshot diatas.
Berikut adalah video bagaimana untuk menambah ikon sebuah website di homescreen iDevice anda agar anda dapat mengakses blog tersebut dengan cepat. Tetapi pada video dibawah ini ketika saya membuatnya masih di iOS 5 tetapi tidak jauh berbeda dengan iOS 6 yang jauh lebih mudah.


2. Mengambil ScreenShot Tampilan iDevice
Untuk membuat screenshot di iPhone, iPad dan iPod Touch dapat dengan mudah anda lakukan bila dibandingkan di platform lain seperti Android atau Blackberry. Untuk mengambil screenshot dapat anda lakukan dengan menekan tombol Home + Power secara bersamaan dan hasilnya dapat anda lihat di Camera Roll. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat disini.
3. Cara Back To Top dengan cepat ketika browsing
Ketika anda membuka sebuah website apalagi dengan artikel yang banyak dan panjang sehingga anda menggeser secara terus menerus ke arah bawah dan ketika anda ingin kembali ke atas maka anda tidak usah menggeser layar lagi ke arah atas biar lebih cepat anda tinggal menyentuh status bar di iDevice anda maka keajaiban akan muncul:).

4. Emoji di KeyBoard
Emoji sangat kita perlukan ketika kita ingin mengekspresikan perasaan kita melalui sebuah gambar di teks SMS atau apapun. iOS 6 Apple menambah fitur emoji di keyboard yang dapat anda akses dengan menekan dan tahan tombol bola dunia di keyboard kemudian akan muncul opsi untuk emoji dan pilihan bahasa.
Tetapi jika ketika anda menekan tombol bola dunia tetapi pilihan emoji tidak muncul maka silahkan aktifkan terlebih dahulu di aplikasi Settings - General - Keyboard.

5. Untuk Mengaktifkan CapsLock
Mungkin ada sebagian iOS user yang belum mengetahuinya yaitu untuk mengaktifkan CapsLock di keyboard, saya tidak bercanda karena kemarin ada yang belum tahu dan menanyakannya. Untuk mengaktifkan CapsLock di Keyboard dapat dengan mudah anda lakukan yaitu dengan menekan tanda panah di keyboard dua kalo berturut-turut sehingga berubah warna menjadi biru. Tetapi jika anda menekannya hanya satu kali maka huruf berikutnya akan kembali menjadi kecil.
Jika belum bisa, silahkan aktifkan terlebih dahulu di Settings - General - Keyboard.

6. Cara memunculkan Zoom (kaca Pembesar)
Fitur zoom adalah salah satu fitur yang sangat saya sukai, teringat ketika pertama kali saya menggunakan iPhone sekitar tahun 2009 dan waktu itu saya tidak sengaja memunculkan kaca pembesar ketika saya membaca sebuah artikel di aplikasi Safari dan saya berkata "Wow iPhone sangat canggih dan mempunyai fitur yang berbeda dengan yang lain" walaupun waktu itu saya menggunakan iPhone generasi ke 2.
Untuk mengaktifkan kaca pembesar dapat dengan mudah anda lakukan yaitu dengan menekan dan tahan di sebuah tulisan yang ingin anda lihat lebih besar.

7. Cara melakukan Copy, Paste dan Block Sebuah Artikel/Tulisan
Untuk melakukan Copy dan paste sebuah artikel atau tulisan caranya hampir sama ketika anda ingin memunculkan fitur zoom, yaitu dengan menekan dan tahan jari anda di tulisan tersebut. Biasanya pertama akan muncul zoom dan ketika anda melepaskan jari dari layar maka tulisan tersebut akan secara otomatis ter-block juga akan muncul opsi untuk Copy dan Paste.

8. Cara Membuat tampilan Aplikasi Safari dengan FullScreen
Aplikasi Safari yang merupakan aplikasi browser bawaan iOS dan di iOS 5 kebawah tidak mempunyai opsi untuk fullscreen tetapi ketika di iOS 6 Apple menambahkan fitur ini walaupun hanya dapat diaktifkan ketika kita membaca sebuah artikel dalam posisi Landscape. Untuk mengaktifkannya yaitu dengan menekan tombol yang ada di paling bawah sebelah kanan.

9. Membaca artikel Secara Offline
Ketika anda membaca beberapa artikel tetapi tidak sempat untuk menyelesaikannya ketika anda sedang online dan fitur Reading List adalah yang sangat cocok bagi anda. Dengan fitur ini anda dapat membaca kembali artikel yang seharusnya online tetapi dapat anda secara offline, yaitu caranya dengan memilih tombol Add To Reading List.
10. Cara Mengaktifkan Flash Untuk Notifikasi
Fitur ini merupakan salah satu fitur terfavorit saya, karena ketika iDevice anda sedang berada dalam mode silent dan fitur getar dinonaktifkan maka fitur ini sangat berguna yaitu ketika mendapatkan notifikasi untuk SMS misalnya, maka lampu flash akan menyala apalagi ketika kita sedang berada di tempat gelap maka fitur ini sangat berguna. Cara mengaktifkan fitur ini dapat anda temukan di aplikasi Settings > General > Accessibility kemudian geser ke arah bawah anda akan menemukan opsi LED Flash for Alerts.

11. Cara Mengaktifkan Fitur AssistiveTouch
AssistiveTouch merupakan fitur yang mempunyai fungsi yang banyak dan dapat menggantikan untuk tombol home misalnya, dengan fitur ini anda dapat menghindari untuk menekan tombol Home secara langsung dan hal itu sangat menguntungkan kita yaitu dapat memperpanjang umur tombol Home di iDevice kita.
Fitur AssistiveTouch dapat diakifkan di aplikasi Settings > General > Accessibility kemudian geser ke arah bawah anda akan menemukan opsi AssistiveTouch. Setelah diaktifkan maka akan muncul tombol putih bulat di HomeScreen iDevice anda yang dapat digeser kemanapun dan ketika anda menyentuhnya maka akan muncul opsi untuk anda gunakan.

12. Cara membuat kustom getaran (Custom Vibrations)
Fitur yang satu ini sangat berguna ketika iDevice kita berada dalam mode silent (getar), kustom getar ini dimaksudkan yaitu kita bisa membuat 'irama' getar untuk iDevice kita, contohnya ketika kita mendapat panggilan masuk. Fitur ini dapat anda aktifkan di Settings > General > Accessibility kemudian geser ke arah bawah anda akan menemukan opsi Custom Vibrations. Setelah itu anda dapat membuat 'irama' getar untuk iDevice.

13. Cara Mengaktifkan Asisten Pribadi 'Siri'
Siri? pasti semuanya sudah mengetahuinya, Siri merupakan asisten pribadi yang secara default dapat anda temukan di iPhone 5, iPhone 4S, iPad Mini, iPad 4 dan iPod Touch 5. Untuk mengaktifkanya dapat anda lihat di Settings > General > Siri
14. Mengganti Arah untuk Panorama Fotografi
Panorama merupakan fitur baru yang ada di iOS device dan itupun hanya ada di iOS 6 iPhone 5 dan iPod Touch 5. Tetapi untuk device yang lainnya anda juga masih dapat membuat panorama fotografi dengan bantuan aplikasi-aplikasi untuk panorama yang dapat anda cek disini. Untuk membalikkan arah panorama yang perlu anda lakukan hanyalah menyentuh tanda panah yang berwarna putih.

Itulah beberapa fitur tersembunyi iDevice (iPhone, iPad dan iPod Touch) yang dapat anda gunakan, untuk fitur lainnya silahkan cek disini. Masih banyak fitur lainnya yang belum masuk ke daftar diatas, jika anda masih mempunyai fitur-fitur lainnya silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

About Unknown

Post a Comment
Powered by Blogger.