iPhone

Pengertian Permanen Unlock Untuk iPhone


Belakangan ini banyak yang menanyakan tentang istilah baru yaitu yang kita kenal dengan sebutan Permanent UnlockSebenarnya permanent unlock bukanlah hal yang baru, karena dari awal tahun lalu saya sudah melakukan permanent unlock untuk iPhone 4 yang kebetulan providernya AT&T karena basebandnya ter-update. Tetapi belakangan ini ramai dibicarakan lagi mungkin hal itu karena belum dirilisnya iOS 6 Untethered JB dan adanya kebijakan baru dari DMCA yang melarang untuk melakukan Software unlock di iPhone yaitu ultrasn0w. Jika anda penasaran apa sebenarnya Permanent Unlock silahkan baca penjelasannya dibawah. 
Sebelumnya kita hanya mengenal istilah Factory Unlock, tetapi ternyata Factory Unlock mempunyai kelemahan yaitu ketika kita melakukan Restore (dalam hal ini Jailbreak) ke iOS firmware terbaru dan dengan tidak sengaja meng-update baseband iPhone ke versi yang lebih tinggi sehingga kita bisa saja kehilangan status Unlock yang telah kita miliki.

Yang dimaksud dengan iPhone Permanent Unlock itu sendiri adalah Unlock iPhone yang bersifat PERMANEN (selamanya dan tidak terpengaruh dengan baseband) dan dilakukan tanpa menggunakan Software apapun ataupun harus melakukan Jailbreak terlebih dahulu, metode ini hanya memerlukan No IMEI di iPhone anda, yang dapat anda lihat dengan menekan *#06# di aplikasi Phone, atau jika anda masih kurang yakin dapat anda lihat di Settings - General - About dan disitu bisa anda lihat no IMEI untuk iDevice anda.
  • Apakah Permanent Unlock Aman dan Legal Untuk Dilakukan?
YA! karena metode yang digunakan untuk melakukan Permanent Unlock adalah merupakan yang paling aman dan mudah, selain tidak menggunakan Software anda juga tidak perlu menyerahkan iPhone anda (secara fisik) dan setelah proses selesai anda tinggal menyambungkan iPhone anda dengan iTunes untuk memastikan bahwa iPhone anda sudah ter-unlock atau belum dan tentunya hal itu pun dapat anda lakukan sendiri di rumah:)
  • Bagaimana Sistem Kerja Permanent Unlock?
Bagaimana sebenarnya proses yang dilakukan untuk permanent unlock? Permanent Unlock itu sendiri dilakukan dengan memanfaatkan database yang telah ada di Apple.inc (yaitu IMEI iPhone anda) dengan mendaftarkan IMEI tersebut kedalam daftar iDevice dengan status Permanent Unlocked, sehingga ketika kita menyambungkan iPhone di iTunes akan secara otomatis iPhone anda ter-unlock. Siapa yang bisa melakukan proses tersebut? hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di Internal Apple.inc atau oleh orang-orang yang mempunyai kenalan (Link) dengan orang-orang internal Apple tersebut.
  • Apa Saja Kelebihan Permanent Unlock?
Kelebihan iPhone yang sudah Permanent Unlock adalah ketika anda melakukan jailbreak dan versi Baseband dari iDevice anda ikut ter-update (karena ada kesalahan) hal itu tidak akan menjadi masalah dan anda dapat up-to-date dengan firmware terbaru yang sudah dapat di jailbreak dan anda pun dapat menyimpan SHSH untuk iDevice anda. Kita semua sudah mengetahuinya dalam dunia Jailbreak SHSH menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan ketika anda ingin melakukan downgrade iDevice anda ke iOS yang lebih rendah.

Selain itu, sudah tentu iPhone anda dapat dipakai untuk semua provider di seluruh dunia:D.
  • Apakah ada sisi Negatif dari Permanent Unlock?
ADA! yaitu Tidak Gratis:) berbeda dengan Software unlock (Ultrasn0w) yang dapat anda install secara gratis di Cydia. Tetapi untuk permanent unlock itu sendiri anda harus membayar jasa orang yang sudah mendaftarkan IMEI iDevice anda ke daftar iPhone yang sudah ter-Unlock. Sama halnya jika anda menggunakan GEVEY SIM untuk mengunlock iPhone anda, tetapi kekurangan GEVEY adalah tergantung OS yang anda gunakan. Selain itu, walaupun sudah sebagian besar provider di seluruh dunia sudah membuka akses untuk permanent unlock tetapi ada sebagian kecil yang belum melakukannya.
  • Apa Perbedaan iPhone Factory Unlock dan iPhone Permanent Unlock?
Perbedaan iPhone yang sudah Permanent Unlock dengan Factory Unlock adalah jika anda mempunyai iDevice dengan Factory Unlock ketika anda melakukan jailbreak dan versi Baseband dari iDevice anda ikut ter-update maka iPhone tersebut kemungkinan besar bisa kembali ke Locked! Tetapi jika iDevice anda sudah Permanent Unlock anda tidak perlu khawatir meskipun versi baseband anda ter-update.
  • Contoh Kasus
Contohnya ketika kemarin baru saja dirilis iOS 6.0, tidak lama kemudian Redsn0w pun sudah support untuk melakukan jailbreak di iOS 6.0 (walaupun masih tethered jailbreak), tetapi redsn0w belum bisa untuk melakukan Custom Firmware yang bertujuan untuk menghindari ter-updatenya baseband iDevice anda sehingga jika anda mempunyai iDevice dengan Factory Unlock kemungkinan besar iDevice anda akan kembali ke Lock karena naiknya baseband iPhone anda.

Berbeda dengan iPhone yang sudah permanent Unlock, anda tidak khawatir lagi dengan status unlock karena walaupun baseband di iDevice anda ter update hal itu tidak akan menjadi masalah:)
  • Apakah Permanent Unlock Terbatas Oleh iOS Firmware dan Baseband?
Tidak, Permanent Unlock dapat dilakukan di semua iOS Firmware dan semua Baseband iPhone anda. "ALL BASEBAND ALL FIRMWARE" dan Hal ini merupakan salah satu kelebihan lain dari Permanent Unlock karena anda dapat melakukannya pada semua iOS Firmware walaupun yang terbaru (iOS 6.0.1 - 6.0.2) dan yang sebentar lagi akan dirilis yaitu iOS 6.1, juga di semua baseband iPhone anda. 
  • Bagaimana dengan versi iPhone?
Permanent Unlock dapat dilakukan di semua versi iPhone, yaitu iPhone 2G, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S dan iPhone 5. Tetapi biasanya sekarang dilakukan pada iPhone 4 ke atas karena untuk iPhone 3GS ke bawah masih dapat dilakukan dengan metode jailbreak yaitu menggunakan Aplikasi Cydia (Ultrasn0w), tetapi bila anda memerlukan untuk iPhone 3GS tidak menutup kemungkinan.
  • Apakah Permanent Unlock Dapat dilakukan pada iPhone yang Sudah Factory Unlock?
YA, seperti yang sudah saya jelaskan diatas karena Factory Unlock masih ada kemungkinan untuk kembali ke Lock.
  • Bagaimana dengan iPhone yang Sudah ke-Locked?
YA, jika anda mempunyai iDevice yang asalnya Factory Unlock tetapi ketika anda melakukan Jailbreak (dan ada sedikit kesalahan) sehingga baseband dari iDevice anda ter-update dan anda kehilangan Factory Unlock yang telah anda miliki yang menyebabkan iPhone anda menjadi iPod karena SIM yang anda masukkan tidak terdeteksi. Jika hal ini terjadi pada iPhone anda maka saya sangat menyarankan untuk melakukan Permanent Unlock.

Karena untuk saat ini, satu-satunya jalan untuk mengembalikan iPhone anda agar dapat digunakan lagi adalah dengan Permanent Unlock. Kita semua tahu bahwa Ultrasn0w/ultrasn0w Fixer belum bisa digunakan pada baseband yang lebih tinggi, untuk saat ini hanya support baseband 01.59.00 - 04.26.08 - 05.11.07 - 05.13.01 - 05.12.01 - 06.15.00 (iPad baseband)

Mungkin itulah penjelasan untuk iPhone permanent unlock dan saya harap cukup untuk menjawab rasa penasaran kita semua. Bagaimana menurut anda? Tetapi jika anda mempunyai pendapat lain atau apapun yang ingin anda sampaikan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Catatan: Jika anda memerlukan bantuan untuk melakukan Permanent Unlock iPhone silahkan isi form berikut atau kontak saya melalui email. 

About Unknown

Post a Comment
Powered by Blogger.