Apple

Jailbreak iPhone Masih Legal Tetapi Tidak Untuk Jailbreak iPad dan Unlock iPhone


Jailbreak adalah merupakan hal yang legal berdasarkan keputusan Mahkamah Agung di Amerika di bawah DMCA (Digital Millenium Copyright Act) pada bulan Juli 2010 yang lalu, dan hal ini menjadi jawaban semua misteri selama ini. Tetapi ternyata keputusan tersebut sudah habis masa berlakunya, sehingga keputusan tersebut sudah diperbaharui lagi yang dibuat pada tanggal 22 Oktober 2012 yang mengandung banyak perubahan yang sangat signifikan.
Untuk lebih jelasnya bahwa jailbreaking tidak akan pernah menjadi illegal, karena kalau memang benar Apple ingin menjadikan Jailbreak illegal itu merupakan hal yang mudah dilakukan oleh Apple, tetapi menurut saya kenapa Apple membiarkannya begitu saja karena Apple banyak mengambil keuntungan dari Jailbreak itu sendiri, contohnya aplikasi-aplikasi Cydia (Tweak) yang telah banyak di adopsi oleh Apple dan tanpa memberikan royalti apapun kepada orang yang telah menciptakannya, beberapa diantaranya adalah Notification Center yang di adopsi dari Mobile Notifier yang diciptakan oleh Peter hajas, TeherMe yang diciptakan oleh cirdan & sbingner dan masih banyak lagi. Tetapi berdasarkan keputusan yang terbaru bahwa menjadi sangat jelas bahawa Jailbreak menjadi hal yang sangat legal setidaknya buat iPhone.

Tetapi ada hal yang cukup mengagetkan bahwa "tablet" yang mengarah ke iPad tidak termasuk hal yang legal untuk Jailbreak. Begitupun dengan "Unlock" iPhone DMCA melakukan pengecualian dalam hal tersebut. Setelah 6 tahun mengijinkan pengguna iPhone untuk meng-unlock sehingga dapat memakai provider yang lain di seluruh dunia tetapi ternyata sekarang tidak lagi. Tetapi kita jangan khawatir hal tersebut belaku mulai januari 2013 yang berarti jika anda mempunyai iDevice yang dibeli sebelum bulan Januari 2013 keputusan ini tidak berlaku.

Mengapa tiba-tiba keputusan tersebut berubah? berdasarkan keputusan yang baru, hal ini dikarenakan oleh adanya kenyataan di pasaran yang dipandang bahwa semua provider sekarang lebih liberal terkait dengan peraturan Unlock masing-masing untuk provider mereka. Contohnya yang sekarang lagi banyak dilakukan oleh beberapa provider dan beberapa perusahaan jasa yang menawarkan untuk Permanent Unlock yang berarti bahwa permanent Unlock tidak akan berubah walaupun anda me-restore di iTunes yang akan menyebabkan naik-nya baseband iDevice anda sehingga anda dapat kehilangan Unlock iPhone dan hal ini bisa terjadi pada iDevice anda yang Factory Unlock dan inilah yang merupakan kelebihan dari Permanent Unlock. 

Salah satu perusahaan yang menawarkan permanent Unlock adalah CJB Unlocks, yang saya rekomendasikan, karena berdasarkan pengalaman saya pelayanannya cukup cepat dan tentu saja aman dan yang paling penting adalah adanya jaminan uang kita dikembalikan jika terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan. 

Sejujurnaya, hal ini tidak akan berpengaruh untuk semua komunitas jailbreak karena saya pribadi berpendapat bahwa ini merupakan hal yang tidak masuk akal dengan adanya pernyataan bahwa "Legal untuk melakukan Jailbreak di iPhone tetapi tidak di iPad". Tetapi jika untuk Unlock itu benar adanya karena pada saat ini sudah banyak pihak ketiga yang menawarkan untuk permanent unlock iPhone anda seperti yang sudah sebutkan di atas sehingga untuk Software Unlock tidak begitu menjadi penting untuk saat ini.

Jika anda ingin membaca hasil keputusan yang dibuat anda bisa membacanya disini, bagaimana pendapat anda? jika anda mempunyai pendapat lain silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

About Unknown

Post a Comment
Powered by Blogger.