Downgrade

Cara Downgrade iOS 6 ke iOS 5.1.1 dengan Redsn0w Untuk iPhone 4, iPhone 3GS, iPod Touch 4G dan iPod Touch 3G Untuk Windows dan Mac OSX


Jika anda mempunyai A4 device ke bawah yaitu iPhone 4, iPhone 3GS, iPod Touch 4G dan iPod Touch 3G yang telah anda upgrade dan jailbreak di iOS 6, tetapi anda ingin downgrade kembali ke iOS 5.1.1 karena masih Untethered. Caranya sangat gampang untuk dilakukan dengan syarat anda mempunyai SHSH iOS 5.1.1 yang telah anda simpan dengan alat jailbreak SHSH, tetapi jika anda belum menyimpan SHSH untuk iDevice anda langkah-langkahnya dapat anda lihat disini.

Tidak seperti di iOS 6 beta anda tidak memerlukan SHSH untuk downgrade tetapi di iOS 6 GM yang sudah dirilis secara publik jika akan melakukan downgrade anda harus memiliki SHSH iDevice anda karena Apple sudah tidak mengijinkan untuk melakukan downgrade ke iOS 5.1.1.
Langkah-langkah untuk melakukan downgrade berikut ini kita akan menggunakan alat jailbreak Redsn0w dan iOS 5.1.1 firmware untuk iDevice anda. Mungkin cara untuk melakukan downgrade berikut ini harus dilakukan dengan lebih teliti supaya anda berhasil downgrade iDevice anda ke iOS 5.1.1.

[UPDATE]:
1. Jika anda mengalami error ketika akan melakukan Recovery Fix di Redsn0w karena iDevice anda masuk dengan sendirinya ke tahap Recovery Mode (hanya ada gambar logo Apple dan USB), cara menghindarinya adalah dengan memasukkan iDevice anda ke tahap DFU secara MANUAL yaitu:
- Buka aplikasi Redsn0w pilih tombol Extras kemudian Recovery Fix
- Setelah itu JANGAN matikan iDevice anda, tetapi langsung TEKAN Power selama 5 detik
- Kemudian TANPA melepas tombol Power Tekan Tombol Home selama 10 detik
- Sekarang LEPASKAN tombol Power TETAPI lanjutkan menekan tombol Home selama kurang lebih 15 detik atau sampai Redsn0w melakukan proese Recovery.
- Sekarang biarkan Redsn0w melakukan proses Recovery sampai selesai dan iDevice anda telah berhasil di downgrade.
2. Jika CYDIA tidak muncul di iDevice setelah berhasil di downgrade, maka anda bisa melakukan Jailbreak dengan Absinthe 2.0.4 dan tutorialnya dapat anda lihat disini (Cara Jailbreak dengan Absinthe langkah-langkahnya sama dan berlaku di semua iDevice).
  • Pertama buat folder di desktop anda dengan nama Carajailbreak
  • Download Redsn0w versi terbaru (saya sarankan 0.9.14b2) disini atau disini dan simpan di folder CaraJailbreak.
  • Download iOS 5.1.1 firmware untuk iPhone (disini) dan iPod Touch (disini) kemudian simpan di folder CaraJailbreak.
  • Jika anda telah memiliki file SHSH iDevice, silahkan simpan file SHSH iOS 5.1.1 tersebut di folder CaraJailbreak.
  • Tetapi jika SHSH iDevice anda sudah tersimpan di Cydia, anda tidak perlu menyimpan SHSH secara manual karena sudah ada di Cydia dan untuk memastikannya anda bisa lihat di Cydia pada tab bagian paling atas.
  • Sekarang ekstrak file Redsn0w.zip yang sudah anda download, kemudian klik dua kali pada file Redsn0w.exe (Windows) atau Redsn0w.app (Mac) untuk membukanya.
Catatan: Jika anda menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows Vista, untuk membuka aplikasi redsn0w adalah dengan klik kanan pada Redsn0w.exe dan klik pada tombol Run as administrator
  • Setelah Redsn0w terbuka klik tombol Extras.
  • Sekarang pilih tombol SHSH Blobs
  • Kemudian pilih tombol Stitch
  • Sekarang klik tombol IPSW dan arahkan pada folder CaraJailbreak kemudian pilih iOS 5.1.1 firmware ipsw yang sudah anda download dan pilih tombol Open.
  • Untuk SHSH, jika SHSH iOS 5.1.1 iDevice anda telah tersimpan di Cydia, pilih tombol Remote (Windows) atau tombol Cydia (Mac) yang ada di bawah tombol IPSW
  • Tetapi jika anda mempunyai file SHSH yang telah anda simpan secara manual, maka pilih tombol Local dan pilih file SHSH yang telah anda simpan di Folder CaraJailbreak dan setelah itu Redsn0w akan melakukan proses untuk memverifikasi SHSH iDevice anda dan membuat firmware baru yang kemudian akan digunakan untuk melakukan downgrade di iTunes.
  • Setelah Redsn0w selesai membuat firmware baru maka akan muncul pemberitahuan bahwa proses pembuatan firmware telah selesai dilakukan. Untuk firmware baru tersebut dapat anda temukan di folder CaraJailbreak yang namanya diawala dengan 13 angka yang merupakan nomor ECID iDevice anda.
  • Sekarang klik tombol Back dua kali dan pilih tombol Pwned DFU, untuk memasukkan iDevice anda ke tahap DFU supaya anda bisa merestore iDevice ke iOS 5.1.1 di iTunes dengan menggunakan firmware yang baru. Hal ini sangat penting dilakukan agar iDevice anda tidak mengalami error 1600 di iTunes. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memasuki tahap DFU silahkan anda lihat disini.
  • Setelah anda berhasil memasukkan iDevice anda ke tahap DFU sekarang buka iTunes dan iDevice anda akan terdeteksi sedang berada pada Recovery Mode, kemudian klik tombol OK
  • Sekarang tekan dan tahan tombol Shift (Windows) atau Option (Mac) di keyboard dan klik tombol Restore di iTunes dan pilih firmware yang baru saja anda buat di folder CaraJailbreak yang namanya diawali dengan nomor ECID iDevice anda
  • Kemudian biarkan iTunes melakukan proses downgrade iDevice anda sampai selesai, dan jangan hiraukan jika anda mendapatkan Error -1 di iTunes.
  • Setelah selesai buka Redsn0w dan klik tombol Extras kemudian tombol Recovery Fix.
  • Sekarang simpan kembali iDevice anda ke tahap DFU mode, dan Redsn0w akan mengembalikan iDevice anda ke tahap normal.
  • Setelah Redsn0w selesai melakukan proses Recovery maka iDevice anda telah berhasil di downgrade ke iOS 5.1.1.
Mungkin langkah-langkah di atas sedikit membingungkan tetapi hal itu tidak akan menjadi masalah dengan syarat anda mengikuti langkah-langkahnya secacra teliti. Sekali lagi, langkah downgrade di atas hanya berlaku untuk A4 device ke bawah (iPhone 4, iPhone 3GS, iPod Touch 4, iPod Touch 3G) dan anda mempunyai file SHSH iOS 5.1.1 yang telah anda simpan.

Sekarang iDevice anda sudah di downgrade ke iOS 5.1.1 dan siap untuk menginstall aplikasi-aplikasi Cydia (Tweaks), jika anda belum begitu faham aplikasi apa saja yang harus di install setelah iDevice anda di jailbreak bisa anda baca tips dan trik nya disni juga saya rekomendasikan untuk menambah beberapa Cydia source/repository yang bisa dilihat disini.

Jika anda mempunyai pertanyaan atau apapun saat melakukan downgrade, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Apabila tutorial ini bermanfaat silahkan bagikan melalui twitter, facebook, google+ atau jejaring sosial lainnya.

About Unknown

Post a Comment
Powered by Blogger.