Apple

Apa Pengertian Unlock iPhone?


Pengertian unlock iPhone sangat mudah dan sederhana untuk diartikan dan dilakukan, yaitu merupakan penghapusan  pembatasan penggunaan SIM di modem iPhone, yang akan memungkinkan kita untuk menggunakan berbagai macam kartu SIM dari manapun dan dimanapun. 

Contohnya jika anda membeli sebuah iPhone dari salah satu provider yang di "lock" hanya untuk sebuah provider contohnya telkomsel berarti iPhone tersebut hanya bisa digunakan dengan provider yang berasal dari telkomsel (Simpati, As dan kartu Halo). Anda tidak akan bisa memakai iPhone tersebut dari provider yng lain contohnya kartu three, indosat ataupun XL, atau karena alasan yang lain contohnya karena signal dari provider yang lain jauh lebih baik di daerah anda.
Selain itu, iPhone anda gunakan anda dapatkan dari luar Indonesia contohnya anda dapatkan dari Amerika, Australia karena harganya lebih murah dari pada di Indonesia dan iPhone tersebut hanya bisa digunakan dengan kartu yang berasal dari negara tersebut contohnya AT&T. Mungkin karena alasan itulah anda menginginkan unlock pada iPhone tersebut, dan beruntunglah dengan adanya jailbreak pada iPhone anda dapat melakukan Unlock pada iPhone anda.

Ada dua cara untuk melakukan unlock pada iPhone, ada yang disebut Hardware Unlock dan Software Unlock. Yang pertama di sebut Hardware Unlock, saya pribadi tidak merekomendasikan untuk melakukan unlock dengan cara ini, karena anda harus mengotak-atik jeroan iPhone anda atau dengan kata lain anda harus membuka iPhone anda. Kalaupun anda terpaksa memilih cara pertama ini harus dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar mengerti tentang elektronik khususnya iPhone karena berbeda dengan hape lainnya, Selain itu hardware unlock sedikit rumit dan biasanya ber bayar.

Sedangkan yang ke-2 adalah software unlock, dan ini lebih gampang dilakukan oleh siapapun termasuk oleh anda sendiri atau bahkan oleh anak kecil sekalipun, artinya anda tidak perlu mempunyai keahlian khusus untuk melakukannya, juga Software unlock lebih aman dari hardware unlock karena SU tidak memodifikasi iDevice anda dan dapat dengan mudah untuk di kembalikan ke keadaan semula dan yang terpenting software unlock adalah gratis  Seperti Jailbreaking yang dapat dilakukan dengan hanya menyambungkan iPhone anda dengan komputer dan kemudian klik 'start'. Tetapi dalam unlocking ada beberapa persyaratan dan aturan yang harus anda ikuti dan itu berbeda dengan jailbreaking.

Apakah Unlok iPhone legal?
Berdasarkan penjelasan dari Wikipedia "Unlock pada sebuah telepon genggam tanpa ijin atau tanpa unlock kode yang resmi dari sebuah provider bisa melanggar perjanjian suatu perusahaan dengan suatu provider, meskipun sebagian besar negara-negara di dunia tidak membuat hukum yang jelas yang melarang penghapusan SIM locks". Di Amerika sendiri DMCA telah mengklaim bahwa jailbreaking dan unlocking adalah legal.

Mengapa Anda Ingin Melakukan Unlock iPhone?
Alasan utama jika anda melakukan unlock iPhone adalah jika anda ingin menggunakan provider yang berbeda, contohnya jika anda membeli yang sudah di lock pake telkomsel, jika anda unlock iPhone jadi bisa menggunakan provider yang lain seperti Indosat atau XL Axiata. Selain itu iPhone yang unlock mempunyai harga yang lebih tinggi di pasaran.

Mengapa Anda Tidak Melakukan Unlock Pada iPhone?
Jika anda telah nyaman dengan provider yang anda sedang gunakan dan tidak akan menggunakan iPhone anda untuk bepergian ke negara lain, tidak ada alasan anda melakukan unlock pada iphone anda.

Bagaimana Caranya Untuk Melakukan Unlock iPhone?
Sebelum anda melakukan unlock pada iPhone, terlebih dahulu anda harus melakukan jailbreak. Proses unlock dapat dilakukan melalui komputer anda, atau langsung di iPhone anda, silahkan baca tutorial cara unlock iphone untuk langkah demi langkahnya.

Bagaimana Jika Terjadi Kesalahan?
Bagaimanapun proses unlock kadang-kadang menyebabkan sedikit perubahan pada pengaturan (Settings) iPhone anda, tetapi hal itu sudah di perbaiki. Jika anda mengalami kesalahan, anda dapat dengan mudah untuk me-restore ulang iPhone anda di iTunes.

Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Unlock
Pertama, anda harus pastikan bahwa provider yang anda pilih mendukung teknologi yang di pakai iPhone, contohnya ada beberapa provider yang sudah saya buktikan dan dapat mendukung kecanggihan sistem iPhone adalah Telkomsel (simpati, as dan kartu halo) Indosat (IM3) XL Axiata (kartu XL) dan Three. apabila ada kartu lain yang belum saya sebutkan dan bisa dipakai di iPhone boleh anda tambahkan melalui kolom komentar di bawah. 

Kedua, anda harus mengetahui versi firmware (OS) yang sedang anda pakai dan versi modem firmware (atau sering di sebut juga baseband). Hal ini dapat anda lihat dengan mudah, pada iPhone anda pada Pengaturan (Settings) kemudian touch di GeneralAbout. untuk lebih jelasnya boleh anda lihat pada screenshot di bawah ini:
Dalam sesi ini ada dua hal yang perlu anda fahami, mengenai apakah anda dapat melakukan unlock pada iPhone anda atau tidak. Jika anda akan melakukan jailbreak dan unlock hal pertama yang harus diperhatikn adalah jangan terburu-buru untuk melakukan update pada iTunes dan Software (OS) iPhone anda, karena setiap update-an terbaru dari Apple dapat mengagalkan unlock yang anda lakukan.

Jika sekarang anda sudah mengetahui untuk versi firmware dan modem firmware (baseband) iPhone anda maka anda sudah siap untuk melakukan unlock iPhone anda, pertama anda harus melakukan jailbreak terlebih daulu. anda bisa baca tutorial nya disini.

Siapa Saja Developer yang Mempunyai Peran Dalam Melakukan Unlock pada iPhone?
Jadi, siapa sebenarnya yang menciptakan software untuk Unlock iPhone?. Software unlock dirintis oleh iPhone Dev-Team dan GeoHot. GeoHot yang telah berhasil melakukan hack terhadap PS3, dan atas penemuan nya itu dia mendapat penghargaan dari berbagai media termasuk oleh pemilik CertiCell yang dihadiahi sebuah mobil Nissan 350z.

Tetapi yang menjadi tulang punggung dari komunitas jailbreak/unlock adalah iPhone Dev-Team yang telah menjadi andalan semua jailbreakers sejak bertahun-tahun. Software mereka QuickPwn, Redsn0w dan Pwnage Tool yang menjadi kunci utama dari semua komunitas iPhone hacker selama bertahun-tahun.

Secara keseluruhan, ketika anda akan menggunakan program tersebut untuk melakukan jailbreak, software tersebut akan mengkonfirmasi terlebih dahulu apakah anda akan melakukan unlock hanya dengan satu langkah saja atau tidak?, tetapi sekarang sudah ada langkah yang lebih sederhana yaitu dengan aplikasi dari Cydia (Cydia Tweaks) yang disebut Ultrasn0w yang juga dirilis oleh iPhone Dev-Team juga tersedia di tempat download nya cara-jailbreak.

Kesimpulan
Proses unlock sangat cepat untuk dilakukan, hanya membutuhkan waktu 5 menit atu bisa lebih cepat, kuncinya terletak pada versi firmware atau modem firmware (baseband) yang anda pakai.

Jika anda mempunyai pandangan, pendapat, pertnyaan, kritik dan saran silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

About Unknown

Powered by Blogger.